Museum Kereta Api Ambarawa

Yuk, Explore Museum Kereta Api Ambarawa

Museum Kereta Api Ambarawa adalah salah satu museum yang mempunyai banyak koleksi kelengkapan kereta api yang ada pada zaman dahulu. Semua perlengkapan ini digunakan pada waktu zaman penjajahan Belanda. Tapi seiring berjalannya waktu dan berkembangnya teknologi Museum Kereta Api Ambarawa dialih fungsikan sebagai salah satu museum yang menjadi tempat wisata sejarah di Semarang.

Di Museum Kereta Api Ambarawa Anda bisa memlihat berbagai koleksi kereta uap yang sudah tidak digunakan lagi. Di museum ini juga Anda bisa melihat kereta upa bergerigi yang sangat unik dan kereta ini merupakan salah satu dari tiga kereta api uap yang tersisa di seluruh dunia. Sedangkan dua yang lainnya ada di negara Swiss dan India. Kereta tersebut merupakan salah satu kereta uap yang memiliki no seri B 2502 dan B 20503 pada lokomotifnya. Kereta ini dibuat oleh Maschinenfabriek Esslingen. Satu lagi karya Maschinenfabriek Esslingen yang masih tersisa di museum ini adalah kereta uap dengan lokomotif nomor seri B 5112. Kereta ini saat ini masih difungsikan sebagai kereta wisata.

Kereta Uap Wisata di Museum Kereta Ambarawa
Kereta Uap Wisata di Museum Kereta Ambarawa

Selain kereta uap bergerigi di Museum Kereta Api Ambarawa juga terdapat berbagai jenis lokomotif uap yang memiliki no seri B,C, D, sampai jenis CC dan yang paling besar adalah (CC 5029, Schweizerische Lokomotiv und Maschinenfabrik/Swiss Locomotive and Machine Works). Jenis kereta yang terakhir di pajang di halaman museum.

Menikmati Pemandangan Ambarawa – Benowo dengan Kereta Uap

Kereta Wisata Museum Kereta Api Ambarawa
Kereta Wisata Museum Kereta Api Ambarawa

Para wisatawan yang mengunjungi museum ini bisa menikmati sensasi naik kereta tua dengan mesin uap bergerigi yang menggunakan bahan bakar kayu. Dengan menggunakan kereta uap kuno ini, Anda bisa menikmati pemandangan alam di sepanjang jalur rel Ambarawa sampai dengan Benowo pp atau Ambarawa sampai Tutang pp. Selain itu Anda bissa juga memilih jalur lori wisata Ambarawa sampai Tutang pp.

Kereta wisata jurusan Ambarawa – Benowo pp yang biasa di kenal dengan sebutan Ambarawa Railway Mountain Tour ini berjalan dari rute Ambarawa menuju stasiun kereta api Bedono yang memiliki jarak tempuh 35 km dan membutuhkan waktu tempuh sekitar 1 jam untuk sampai ke stasiun tujuan. Ketika kereta uap ini melewati rel bergerigi yang khas dari dari Sawahlunto. Panorama keindahan pemandangan alam yang menakjubkan, lembah yang hijau yang berada di antara gunung ungaran serta gunung merbabu menjadi pamnadangan yang sangat mempesona siapaun yang meilihatnya.

Selain rute Ambarawa – Benowo, Anda bisa juga memilih paket wisata untuk rute Ambarawa – Tuntang yang memiliki jarak 7 km. Pamandangan jalur ini juga tidak kalah cantiknya dengan jalur sebelumnya. Anda bisa memilihat persawahan yang hijau, ladang yang subur yang memiliki latar belakang Gunung Merbabu, Gunung Ungaran, dan juga Rawa Pening.

Pda tahun 2013 dilakukan renovasi besar-bsaran pada museum ini sehingga membuat museum ambarawa ditutup total. Menurut informasi yang beredar statsiun Ambarawa ini akan difungsikan kembali secara bertahap sehingga nanti bisa bertemu dengan jalur utama rute Ambarawa – Jakarta.

Itulah sedikit ulasan tentang Museum Kereta Api Ambarawa yang berada di Kota Semarang. Semoga informasi tadi bisa bermanfaat buat Anda yang membacanya terima kasih. 🙂

Leave a Comment