Tugu Muda Semarang

Tugu Muda, Mengenang Pertempuran 5 Hari di Semarang

Berbicara tentang sejarah Kota Semarang memang tidak ada habisnya. Banyak bangunan bersejarah yang ada di kota ini seakan menjadi saksi bisu peristiwa dimasa lampau. Salah satu bangunan bersejarah yang ada di Semarang adalah Tugu Muda yang berada di jantung Kota Semarang. Tugu Muda ini dibangun untuk mengenang perjuangan pemuda Semarang untuk mempertahankan kemerdekaan melawan bangsa Jepang yang dikenal dengan peristiwa Pertempuran 5 Hari di Semarang.

Perjuangan Para Pemuda di Semarang

Sejarah Tugu Muda Semarang
Sejarah Tugu Muda Semarang
Sumber Gambar : semarangtempodoeloe.blogspot.com

Monumen Tugu Muda dibangun untuk mengenang pertempuran selama lima hari yaitu pada tanggal 14 hingga 18 Oktober 1945 saat melawan penjajahan Jepang dalam mempertahankan kemerdekaan negara kesatuan Republik Indonesia. Tugu ini sebagai bukti semangat berani mati dari pemuda Semarang dalam mempertahankan kemerdekaan yang baru beberapa pekan di Proklamasi di Jakarta.

Pada saat itu ada sekitar 8 polisi istimewa yang menjaga tandon air yang berada di Wungkau secara tiba-tiba diserang tentara Jepang. Para polisi ini ditangkap, dilucuti dan di siksa oleh tentara Jepang di Markas Kidobutai, di Jatingaleh. Peristiwa inilah yang menjadi pemicu keberanian para pemuda-pemudi Semarang yang secara serentak bahu membahu bersama tentara BKR melakukan serangan balasan ke tentara Jepang, sehingga terjadilah pertepuran.

Tugu Muda bersejarah yang unik dan masih berdiri kokoh inilah yang mungkin menjadi saksi bisu gugurnya para pemuda dan pejuang Semarang yang kala itu membela bangsa dan negara. Semangat perjuangan dan keberanian para pemuda di Semarang dan juga kebengisan para tentara Jepang digambarkan dalam diorama yang diukir di bagian bawah Tugu Muda. Sebagai pengingat terjadinya pertempuran 5 hari di Semarang di sebelah Tugu Muda terdapat sebuah museum milik Kodam IV Diponogoro yang diisi dengan dokumentasi peristiwa heroik para pemuda di Semarang saat melawan penjajahan Jepang.

Makna Yang Terkandung dari Bangunan Tugu Muda

Tugu Muda
Tugu Muda
Sumber Gambar : asapwae.blogspot.com

Tugu Muda Semarang yang memiliki bentuk unik seperti lilin ini menggambarkan semangat juang para pemuda Semarang dalam mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia yang tidak pernah padam. Tugu Muda memiliki bentuk berpenampang segi lima yang terdiri dari tiga bagian yaitu bagian landasan, badan, dan kepala. Pada bagian pasa landasan terdapat sebuah relief. Seluruh bagian Tugu Muda dibuat dari batu, untuk memperkuat kesan tugunya dibuat sebuah kolam hias serta adanya taman di sekeliling tugu.

Untuk mempercantik Tugu Muda lingkungan di sekitar tugu dibangun sebuah taman yang mengelilingi Tugu Muda. Di taman ini juga terdapat berbagai ornamen supaya agar Tugu Muda bisa dijadikan sebuah taman kota antara lain air mancur, serta berbagai lampu-lampu dengan aneka warna menambah kesan anggun pada malam hari. Pada taman ini juga terdapat pohon cemara yang diduplikasi sebagai bambu runcing tegak yang berdiri berjajar sebanyak lima buah yang menggambarkan kondisi pertempuran lima hari di Semarang yang menggunakan bambu runcing.

Relief di Tugu Muda Semarang
Relief di Tugu Muda Semarang
Sumber Gambar : slamsphoto.blogspot.com

Pada bagian dasar tugu terdapat sebuah relief dengan lima buah sangga pilar. Pada tiap sangga ada sebuah hiasan-hiasan yang memiliki makna berbeda-beda yaitu:

  • Relief Hongerodeem, Sebuah relief yang menggambarkan kehidupan rakyat pada zaman penjajahan Belanda dan juga penjajahan Jepang yang sangat menderita karena adanya penindasan sehingga menyebabkan kelaparan, busung lapar merajalela di masyarakat.
  • Relief Pertempuran, Relief ini menggambarkan semangat serta keberanian para pejuang dan pemuda Semarang dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia.
  • Relief Penyerangan, Relief ini melambangkan perjuangan rakyat Indonesia dalam melawan penjajah untuk melepaskan diri dari belenggu penjajahan.
  • Relief Korban, Relief ini menggambarkan pada saat terjadinya pertempuran 5 hari yang menelan banyak korban.
  • Relief Kemenangan, Relief ini menggambarkan hasil dari usaha dan perjuangan rakyat serta pengorbanan yang membasahi bumi Semarang.

Leave a Comment