Soto Bangkong

10 Tempat Wisata Kuliner Semarang yang Wajib Kamu Kunjungi

Kota Semarang dulu dikenal dengan kota pelabuhan dan juga perdagangan. Di Jawa Tengah kota Semarang menjadi pusat pemerintahan kolonial Belanda pada masa itu. Sebagai tempat perdagangan tidak heran bila akan terjadi banyak pertukaran budaya dan juga kuliner. Wisata Kuliner di Semarang sangat beragam, dari yang kelas kaki lima sampai bintang lima semua tersedia dengan kualitas serta kelezatan yang menggugah selera.

Banyak sekali tempat wisata kuliner di Semarang yang sudah terknal karena kelezatan menu yang ditawarkan. Bila Anda mempunyai rencana untuk mengunjungi kota ini sebaiknya siapkan budget yang banyak agar bisa menikmati kelezatan kuliner yang ada di kota ini. Berikut ini adalah beberapa tempat wisata kuliner yang wajib kamu kunjungi bila berada di Semarang.

1. Warung Semawis

Warung Semawis Semarang
Sumber Gambar : webpraktis.com

Waroeng Semawis atau biasa dikenal dengan Pasar Semawis merupakan sebuah pasar malam modern yang terletak di kawasan pecinan, Semarang. Pasar ini hanya buka pada hari Jum’at, Sabtu, dan Minggu dan banyak menyediakan hidangan lezat khas nusantara.

Bagi pengunjung muslim berhati-hatilah dalam memilih menu makanan, karena sebagian besar menu di tempat ini berbahan dasar babi. Selain sebagai tempat wisata kuliner, pasar ini menjadi tempat penjual mainan, pakaian dan lain sebagainya.

2. Restoran Pesta Keboen

Pesta Keboen Semarang
Sumber Gambar : www.flickr.com

Salah satu yang istimewa dari restoran ini adalah konsep yang diusung yaitu dengan menampilkan suasana tempo dulu. Hal itu bisa dilihat dari bentuk serta desain interiornya. Restoran ini memiliki 2 area yaitu indoor dan qutdoor, keduanya sama-sama memiliki keistimewaan tersendiri.

Outdoor sangat cocok untuk Anda yang suka merokok dan ingin menikmati pemandangan luar sedangkan di ruangan indoor kamu bisa menikmati berbagai koleksi benda antik yang dipajang di dalam ruangan. Satu lagi fasilitas yang di sediakan oleh restoran ini yaitu arena permainan anak, tentu ini sangat cocok bagi Anda yang ingin mengajak anak atau adik kecil Anda.

3. Rumah Makan Kampung Laut

Rumah Makan Kampung Laut
Sumber Gambar : https://ahmadbasori.wordpress.com

Rumah makan Kampung Laut merupakan tempat makan sekaligus menyediakan kolam pemancingan. Rumah makan yang terletak di jalan Anjasmoro ini menyediakan juga berbagai wahana sederhana seperti ayunan dan juga papan luncur dan jungkat-jungkit. Selain itu berbagai menu pilihan bisa Anda nikmati mulai dari olahan seafood, iga, sampai berbagai olahan ayam. Untuk mendapatkan sensasi makan yang berbeda pilihlah saung yang mengapung, disitu selain menikmati lezatnya makanan Anda juga bisa menikmati indahnya pemandangan kolam pemancingan.

4. Angkringan Gaul Ampiran 3

Angkringan Gaul Ampiran 3 Semarang
Sumber Gambar : semarangrentalmotor.com

Angkringan awalnya adalah tempat berkumpul sekelompok orang untuk sekedar bercengkrama dalam kehidupan sosial. Saat ini angkringan lebih identik dengan sebuah warung kecil yang menyediakan menu-menu sederhana seperti nasi kucing, gorengan dan aneka minuman hangat seperti wedang jahe, kopi dan lain-lain.

Di semarang ada sebuah angkringan yang memiliki konsep “anak muda”. Menu yang disajikan sama dengan angkringan yang lain dan harganya juga relatif masih terjangkau kalangan menengah ke bawah. Keistimewaan dari angkringan ini adalah tersedianya fasilitas WiFi dan adanya live musik. Tak heran bila tempat ini menjad tempat favorit anak muda.

5. Bebek Goreng Pak Thori

Bebek Goreng Pak Thori
Sumber Gambar : kaskus.co.id

Biasanya sajian ayam goreng merupakan menu favorit yang paling diminati, tapi bebek goreng juga tidak kalah lezat loe. Tekstur daging yang lebih padat dan seratnya yang halus membuat penikmat bebek goreng rela mencari warung makan yang mampu menyajikan olahan bebek yang lezat. Jika Anda adalah salah satu penggemar olahan bebek dan sedang berada di Semarang sempatkanlah mampir ke Bebek Goreng pak Thori yang beralamatkan di Jalan Raya Gunungpati KM 15.

Tempat makan ini mampu mengolah bebek dengan baik sehingga daging bebek yang di olah terasa empuk, gurih dan tidak berbau amis. Selain menu bebek, beberapa menu lain juga tersedia di restoran ini seperti ayam goreng, nasi goreng, lele goreng dan lain-lain. Semuanya di sajikan dengan sambel yang bisa Anda pilih sesuai selera.

6. Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar

Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar
Sumber Gambar : http://teamtouring.net/

Jika Anda berfikir bahwa hidangan kuliner lezat hanya bisa didapatkan di restoran mewah dan mahal? Mungkin Anda belum pernah mencoba menu makanan yang ada di Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar. Warung sederhana ini mampu menyajikan berbagai kuliner lezat kelas satu.

Gulai kambing disini memang berbeda dengan gulai kambing yang ada di tempat lain. Jika biasanya gulai kambing dimasak dengan santan sehingga menghasilkan kuah yang gurih dan kental, berbeda denga gulai kambing Bustaman. Kelapa tidak dijadikan santan tetapi diolah dengan cara diparut lalu disangrai kering kemudian ditumbuk halus bersama bumbu-bumbu lainnya. Hasil dari olahan ini adalah sebuah gulai kambing dengan kuah bening yang akan membuat Anda ketagihan dengan kelezatannya.

Untuk bisa menikmati kuliner ini kamu bisa langsung mendatangi alamat Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar yang beralamat di belakang Gereja Bleduk di kawasan Kota tua Semarang. Warung makan ini buka mulai dari jam 08:00 sampai 16:00, pada saat jam makan siang warung ini akan di banjiri oleh para pelanggan setia.

7. Bakmi Jawa Pak Gareng

Bakmi Jawa Pak Gareng
Sumber Gambar : http://makanjogja.com/

Para penggemar bakmi wajib datang ke Jalan Wot Gandul Dalam, Semarang. Karena di sana terdapat warung makan yang menyajikan olahan bakmi dengan rasa yang lezat. Bakmi Jawa Pak Gareng memang terkenal dengan kelezatan bakmi yang di olah, menu andalan dari warung makan ini adalah bakmi goreng dan bakmi kuah keduanya sama-sama memiliki cita rasa yang tinggi. Hidangan bakmi biasanya dilengkapi dengan ayam suwir, sawi, telor, dan juga kol.

Selain bakmi rumah makan ini juga menyediakan menu populer lain seperti nasi ruwet. Nasi ruwet merupakan olahan nasi goreng yang dicampur dengan mie, karena campuran inilah orang-orang biasanya menyebutnya dengan nasi ruwet. Satu lagi yang istimewa dari rumah makan ini yaitu semua menu olahan dimasak menggunakan arang, sehingga menghasilkan aroma serta rasa yang khas dan tentu lebih nikmat.

8. Soto Bangkong

Soto Bangkong
Sumber Gambar : wikimedia.org

Soto adalah salah satu kuliner asli di Indonesia, hampir di setiap daerah memiliki ciri khas tersendiri dalam menyajikan masakan yang satu ini. Begitu juga di Semarang yang memiliki cita rasa soto yang khas dari Jawa Tengah. Salah satu warung makan yang menyajikan menu soto di Semarang adalah warung Soto Bangkong yang terletak di jalan Brigjen Katamso (dulu bernama jalan Bangkong). Warung makan ini sudah berdiri sejak tahun 1950-an. Saat pertama kali buka soto ini dijajakn dengan dipikul lalu berkeliling, sampai akhirnya menetap di tempat yang dipakai sekarang ini.

Tampilan menu soto Bangkong memang terlihat sederhana, dengan perpaduan ayam suwir, bihun, kuah, irisan bawang serta taburan bawang goreng. Meski terlihat sederhana, tapi rasa yang soto ini sangat luar biasa lezat. Selain soto warung makan ini juga menyajikan menu ain seperti ayam goreng dan juga garang asem.

9. Rumah Makan Asem-asem Koh Liem

Rumah Makan Asem-asem Koh Liem
Sumber Gambar : http://www.infomakan.com/

Rumah makan ini menyajikan berbagai menu rumahan yang sederhana namun lezat. Menu yang disajikan di Rumah Makan Asem-asem Koh Liem sangat sederhana seperti kikil lombok ijo, bandeng sarden, dan lontong cap gomeh serta menu andalan yaitu asem-asem. Asem-asem hampir mirip dengan garang asem hanya saja kuliner ini memakai daging sapi potong dadu yang dimasak dalam kuah manis asam segar.

Rasa asam segar yang ada pada kuah dihasilkan dari belimbing wuluh dan juga potongan tomat sehingga menciptakan perpaduan rasa yang lezat. Bila Anda sedang berpergian ke Semarang jangan lupa mampir ke rumah makan ini yang terletak di Jalan Karang Anyar agar bisa mencicipi kelezatan asem-asem di tengah panasnya udara Semarang.

Lumpia Gang Lombok

Lumpia Gang Lombok
Sumber Gambar : www.neighbourlist.com

Kalau berkunjung ke Semarang tidak lengkap rasanya bila tidak menikmati kuliner satu ini. Lumpia merupakan salah satu makanan khas kota Semarang, bahkan kota ini juga mendapat julukan Kota Lumpia. Nah, salah satu tempat yang menyediakan lumpia adalah Lumpia Gang Lombok. Tempat ini merupakan salah satu warung lumpia tertua yang ada di Semarang. Warung lumpia ini beralamat di dekat Kelenteng Tay Kak Sie tepatnya di Gang Lombok No. 11 Kranggan Semarang. Jika Anda berminat dengan kuliner ini sebaiknya datang pagi hari, karena ketika hari beranjak siang warung ini akan diserbu oleh para pelanggan setia Lumpia Gang Lombok.

Leave a Comment