Simpang Lima Semarang

Simpang Lima Semarang Tempat Wisata di Jantung Kota

Simpang Lima adalah salah satu tempat yang menjadi ciri khas bagi Kota Semarang. Tempat ini adalah sebuah alun-alun yang berada di tengah persimpangan Jl. Pandanaran di bagian barat, Jl. A. yani di bagian timur, Jl. Gajahmada dan Jl. Pahlawan di bagian timur, sedangkan di sebelah timur laut ada Jl. Kh. Ahmad Dahlan. Karena alun-alun ini diapit oleh kelima jalan inilah yang membuat penduduk sekitar menamainya simpang lima. Mudahnya akses transportasi, banyaknya tempat kuliner serta banyaknya hotel yang berada di sekitarnya membuat Simpang Lima menjadi sebuah tempat wisata serta menjadi jantung kota / pusat keramaian di Semarang.

Wisata Kuliner di Simpang Lima

Wisata Kuliner di Simpang Lima Semarang
Sumber Gambar : indonesiakaya.com

Memang belum lengkap rasanya bila berwisata ke Semarang tapi tidak mampir ke kawasan Simpang Lima. Sebagai pusat kota di Semarang, kawasan ini memang telah dikenal sebagai salah satu tempat kuliner favorit bagi pemburu masakan khas di Indonesia. Aneka masakan khas dari Jawa Tengah khususnya Semarang dapat dengan mudah Anda jumpai di sini. Para penjual makanan dari berbagai negara di Indonesia berjajar rapi, membuat Anda dengan mudah memilih berbagai menu khas yang menggugah selera dengan harga terjangkau.

Aneka Kuliner Nusantara

Di sepanjang trotoar ketika siang hari digunakan untuk para pejalan kaki, ketika malam hari disulap menjadi food court dengan tenda-tenda yang menampung para pedagang yang menjajakan masakan dari berbagai daerah di Indonesia. Anda bisa membawa keluarga atau teman dekat untuk bercengkrama sambil menikmati hidangan kas seperti nasi pecel, nasi ayam, sop, sate dan aneka kuliner lain. Kawasan malam dilengkapi dengan lampu-lampu kota menambah suasana makan Anda semakin nikmat. Kawasan Simpang Lima Semarang bisa menjadi salah satu alternatif bagi Anda untuk mengisi akhir pekan dengan berwisata kuliner.

Hiburan di Simpang Lima

Wisata Semarang Kawasan Simpang Lima
Sumber Gambar : wisatadisemarang.com/

Selain wisata kuliner pada malam hari, ternyata Simpang Lima juga menjadi tempat berbagai acara kesenian musik ataupun seni budaya, tempat kreasi bahkan menjadi pasar tiban di waktu-waktu tertentu. Puncak keramaian di Simpang Lima ini bisa Anda pada saat sabtu sore atau malam minggu, dimana pada waktu-waktu tersebut banyak pasangan muda-mudi serta keluarga menghabiskan waktu libur mereka dengan menikmati berbagai hiburan di Simpang Lima.

Tidak salah bila tempat ini menjadi primadona masyarakat sekitar ataupun masyarakat dari luar semarang untuk menjadi tempat liburan bersama keluarga atau kekasih hati. Belum lagi kalau hari minggu beberapa jalur di Simpang Lima ditutup dan bisa digunakan oleh masyarakat melakukan aktivitas di pagi hari. Ya, Car Free Day itulah istilah yang populer saat ini di beberapa kota besar. Kebijakan pemerintah daerah untuk menutup beberapa jalan utama dari kendaraan bermotor agar bisa digunakan masyarakat untuk beraktivitas seperti olahraga, lari pagi, atau bersepeda santai menikmati udara yang bersih tanpa polusi asap.

Leave a Comment