Karya seni di Semarang Contemporary Art Gallery

Semarang Art Gallery Musium Seni Kelas Dunia di Semarang

Ada sebuah tempat di Semarang yang sangat menarik untuk di kunjungi, tempat itu adalah Semarang Contemporary Art Gallery. Didirikan pada tahun 2001, Galeri Semarang ini terletang di pusat kota Semarang. Ketika Anda masuk ke galeri ini usahakan untuk membaca sejarah singkat tentang Semarang Art Gallery. Sejarahnya galeri ini cukup panjang, berdiri pada tahun 1822, diruntuhkan dan dibangun gedung baru pada tahun 1918, hingga kemudian tahun 2007 dikonservasi oleh Chris Darmawan. Sejak tahun 2008 Semarang Art Gallery pindah ke Taman Srigunting yang berada di kawasan warisan budaya di Kota Lama Semarang (sebelah gereja Bledug). Tempat ini merupakan tempat ideal karena dengan arsitektur bangunan kolonial Belanda sangat ideal untuk berkembangnya tempat ini sebagai kawasan wisata.

Hasil Karya Seni di Semarang Art Gallery

Bangunan Semarang Contemporary Art Gallery terdiri dari dua lantai, di mana masing-masing lantai digunakan sebagai ruang pameran. Ketika memasuki lantai pertama Anda akan di kejutkan dengan kecantikan galeri ini. Tata ruang serta tata pencahayaannya luar biasa. Dengan lampu kuning atau putih temaran dan juga warna dinding dalam galeri yang mayoritas berwarna putih bersih membuat pengunjung galeri ini akan merasa nyaman berada di dalam sana.

Semarang Contemporary Art Gallery
Sumber Gambar : indoartnow.com

Di lantai pertama kita bisa menjumpai karya dari seniman Mona Nordaas asal Norwegia yang kebetulan sedang memamerkan hasil karyanya di galeri ini. Hasil karya Mona Nordaas membujur di lantai, mempunyai bentuk heksagram dan sangat berwana. Hebatnya hasil karya ini dibuat dari berbagai berang bekas yang sudah tidak terpakai seperti tusuk gigi, stik es krim, mainan, gelang karet, hingga tutup botol. Di lantai satu kita juga bisa menjumpai beberapa karya seni rupa lainnya. Kebanyakan karya seni ini hasil karya seniman yang ada di Indonesia. Tentu ini sesuai dengan tujuan di bangunnya gedung ini yaitu sebagai ajang untuk memperkenalkan hasil karya dari seniman seni kontemporer yang ada di Indonesia.

Hasil dari Karya Mona Nordaas
Sumber Gambar : http://studentofbutterfly.blogspot.com/
Semarang Art Gallery
Sumber Gambar : indoartnow.com

Naik ke lantai dua kita akan dikejutkan dengan karya seni yang telah berjajar. Kebanyakan karya seni yang ada di lantai dua terkesan menyindir kondisi arut marut negara kita. Sindiran-sindiran tersebut sukses dikemas dengan apik di atas media kanvas atau kain yang digunakan sebagai media oleh ara seniman. Selain di dalam gedung ternyata di luar gedung juga ada beberapa hasil karya yang dipajang di halaman gedung. Di sana ada taman kecil nan hijau.

Karya seni di Semarang Contemporary Art Gallery
Berbagai Kreasi Seni di Lantai Atas Sumber Gambar : dipandanaran.wordpress.com

Halaman depan gedung ini merupakan salah satu tempat populer di kalangan para pengunjung dikarenakan adanya patung besar yang menjadi icon dari Semarang Art Gallery. Patung dengan judul “Miring Lantai Kanan Tinggi” karya seniman bernama Budi Kustanto ini tampak berdiri seperempat miring di halaman kecil tersebut. Untuk berfoto dengan patung ini Anda harus sedikit bersabar karena banyaknya pengunjung yang mempunyai keinginan serupa sehingga Anda harus antri bila ingin berfoto.

Patung Miring Lantai Kanan Tinggi
Patung Miring Lantai Kanan Sumbar Gambar : destiniplestari.files.wordpress.com
Patung Semut di Semarang Art Gallery
Patung Semut di Halaman Gedung Galeri Sumber Gambar : dewirieka.com

Hanya saja ada beberapa hal yang menjadi kekurangan dari Semarang Art Gallery ini yaitu tidak adanya pemandu wisata ataupun petugas yang bisa dimintai keterangan bila ada pengunjung yang ingin mendengar keterangan lebih rinci tentang suatu karya yang dipajang. Pengunjung dibebaskann untuk mengeksplore sekaligus menginterpretasikan diri karya yang dipamerkan. Di sini kamu benar-benar diberi kebebasan, tapi bebas juga harus bertanggung jawab. Semua karya yang ada di Semarang Art Galery ini tidak boleh disentuh untuk menghindari kerusakan.

Jika selama ini Kota Semarang dikenal sebagai kota perdagangan dan juga bisnis, maka Semarang Contemporary Art Gallery menampilkan sisi lain dari Kota Semarang. Galeri yang ada di Kota Lama ini menunjukan Semarang juga memiliki cita rasa seni yang layak untuk dinikmati oleh khayalak ramai.

Note:

  • Galeri ini beroperasi pada hari selasa sampai dengan minggu dengan jam operasional┬ájam 10.00-16.30 WIB.
  • Untuk menikmati semua ┬ákeindahan karya seni ini Anda akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp.10.000
  • Hasil karya yang ditampilkan di galeri berubah secara berkala, untuk informasi lebih lanjut bisa silahkan mengunjungi website mereka disini.

Leave a Comment