Wisata Umbul Sidomukti

Kawasan Wisata Alam Umbul Sidomukti, Sensasi Wisata di Negeri Awan

Wisata umbul Sidomukti menjadi salah satu tempat wisata alternatif yang di di Bandungan, kabupaten Semarang. Bandungan memang menjadi salah satu tempat wisata favorit karena di tempat ini terdapat tempat wisata Candi Gedong Songo dan wisata Bandungan. Selain 2 tempat wisata tersebut ternyata terdapat tempat wisata lain yang menawarkan keindahan alamnya, tempat wisata itu adalah Umbul sidomukti. Lokasi wisata ini yang berada di dataran tinggi membuat Pondok Wisata Umbul Sidomukti mempunyai udara yang sejuk dan juga pemandangan alam perbukitan yang indah.

Pondok wisata umbul sidomukti berada di lereng gunung Ungaran dan diapit oleh jurang dikedua sisinya. Di lereng gunung inilah terdapat mata air pegunungan yang mengalir setiap tahunnya diantaranya Tuk ngetihan. Wisata alam Umbul Sidomukti mempunyai daya pesona sendiri sehingga banyak wisatawan dalam dan luar negeri datang ke tempat ini. Tempat wisata ini memiliki beragam fasilitas yang bisa memanjakan liburan Anda.

Aneka Wahana di Umbul Sidomukti

Aneka Wahana di Umbul Sidomukti
Aneka Wahana di Umbul Sidomukti
Sumber Gambar : ggs-adventure.blogspot.com

Fasilitas-fasilitas tersebut seperti Outbond training, taman renang alam, pondok lesehan, paket wisata, meeting room, flying fox yang memiliki panjang lintasan 110 meter dan berada pada ketinggian sekitar 70 meter. Flying fox ini dipasang menyeberang antar lembah, jadi ketika Anda mencoba wahana ini akan merasakan sensasi berpindah antar lereng bukit dengan menggunakan seuntas tali. Untuk menikmati wahana fling fox Anda cukup membeli tiket seharga Rp18.000 untuk sekali meluncur atau Rp35.000 untuk tiket terusan bolak-balik.

Selain flying fox Anda bisa menguji keseimbangan di wahana marine bridge, yaitu dengan menelusuri jembatan kayu yang diikat dengan tambang di atasnya. Bila Anda seorang rider bisa mencoba wahana off road mengelilingi keindahan desa wisata Sidomukti dan juga melintasi perkebunan yang ada di sekitar tempat wisata menggunakan atv. Dengan biaya hanya sekitar Rp15.000-Rp20.000 Anda bisa bersenang-senang menggunakan atv yang disediakan di lokasi ini.

Kolam Pemandian di Wsiata Alam Umbul Sidomukti
Kolam Pemandian di Wsiata Alam Umbul Sidomukti
Sumber Gambar : kompas.com

Ingin bersantai dan merasakan berenang di atas awan? Anda bisa mencoba wahana di taman renang alam yang ada di tempat wisata alam Umbul Sidomukti. Taman renang ini berada di lereng gunung Ungaran yang terletak pada ketinggian 1200 meter di atas permukaan laut yang kedua sisi kolam renang di apit sebuah jurang. Lokasi kolam renang ini sengaja dipilih karena keindahan panorama alam serta kesegaran udara dan juga kejernihan air yang mengalir dari lereng gunung. Dengan berenang di kolam ini Anda bisa melihat pemandangan alam yang luar biasa, hamparan awan serta perbukitan lereng gunung Ungaran.

Setelah puas mencoba semua wahana yang disediakan Anda bisa mendirikan tenda di tanah lapang yang ada di desa wisata Sidomukti ini. Bila Anda tidak membawa tenda bisa menyewa pada pengelola, nikmatilah suasana petualangan sejati dengan tidur di dalam tenda. Atau kalau Anda malas untuk menggunakan tenda bisa menyewa penginapan yang tersedia di kawasan alam Umbul Sidomukti. Fasilitas yang disediakan di penginapan ini tidak kalah mewah dengan fasilitas yang disediakan oleh hotel bintang lima.

Penginapan di Wisata Alam Umbul Sidomukti
Penginapan di Wisata Alam Umbul Sidomukti
Sumber Gambar : ytimg.com

Untuk menuju tempat wisata Umbul Sidomukti Anda bisa bisa lewat arah Semarang lalu menuju arah Solo dan menemukan SPBU Lemah Ambang yang ada di sisi kiri jalan. Setelah itu ambil arah ke kanan menuju Bandungan. Setelah sampai di pasar Jimbaran akan ada gang yang bertuliskan Sidomukti. Anda tidak perlu kuatir tersesat, karena di sepanjang jalan akan ada tulisan yang menunjukan arah jalan ke Umbul Sidomukti. Satu hal yang harus Anda perhatikan, untuk menuju kawasan ini tidak bisa dicapai dengan menggunakan bus karena jalanan yang sempit. Bagaimana sudahkah Anda menyusun jadwal untuk berlibur di kawasan wisata alam Umbul Sidomukti?

Leave a Comment