Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo Tempat Wisata di Bukit Ungaran

Candi Gedong Songo mempunyai arti Candi dengan sembilan bangunan, candi ini merupakan salah satu tempat wisata yang berada di Desa Candi Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Candi Gedong Songo menjadi salah satu tempat wisata yang paling diminati oleh para wisatawan domestik maupun wisatawan asing. Di kawasan wisata ini merupakan kawasan wisata alam yang luas dan mempesona.

Candi Gedong Songo terletak di kawasan lereng Gunung Ungaran bagian selatan yang berada pada ketinggian sekitar 1.200 meter dari permukaan aut. Dengan lokasinya yang berada pada ketinggian membuat kawasan wisata ini memiliki suhu cukup dingin yaitu berkisar antar 19-27 °C. Kondisi udara yang masih bersih dan bebas dari polusi udara serta suasana sejuk di pengunungan membuat kawasan ini memberikan pengalaman tersendiri bagi para wisatawan yang berkunjung ke tempat ini. Apa lagi dengan keindahan alam yang ditawarkan akan membuat Anda betah berlama-lama di sini.

Candi Gedong Songo Semarang
Keindahan Candi Alam Candi Gedong Songo Sumber Gambar : jefrisonlorukoba.wordpress.com

Selain sebagai wisata alam, Candi Gedong Songo juga menjadi salah satu tempat wisata sejarah yang ada di Kota Semarang yang wajib Anda kunjungi bila sedang singgah atau berlibur ke kawasan wisata Bandungan. Lokasi Candi yang tidak berdekatan antara kesembilan Candi membuat Anda harus mengeluarkan tenaga ekstra bila ingin menikmati keindahan semua bangunan Candi yang ada. Tapi jangan khawatir karena semua usaha keras Anda akan terbayar lunas ketika melihat secara langsung keindahan alam seperti melihat kabut dingin yang turun dari atas gunung.

Air Panas di Candi Gedong Songo
Sumber Gambar : akupunyakata.wordpress.com

Pada komplek wisata Candi Gedong Songo juga terdapat beberapa tempat untuk beristirahat yang dilengkapi dengan fasilitas pemandian air hangat. Tempat peristirahatan tersebut tepat di antara Candi ketiga dan Candi Keempat. Di sana terdapat kepunden yang memiliki sumber air panas dengan kandungan belerang yang cukup tinggi. Sekedar informasi saja, bahwa menyiram atau mandi dengan menggunakan air belerang dapat mengobati penyakit gatal-gatal ataupun penyakit kulit lainnya.

Sejarah Candi Gedong Songo Semarang

Sejarah Candi Gedong Songo
Sejarah Sumber Gambar : http://sanutra.com/

Candi Gedong Songo pertama kali ditemukan pada tahun 1740 oleh Sir Thomas Stamford Raffles. Pada awalnya Sir Thomas Stamford Raffles hanya menemukan tujuh buah bangunan candi saja sehingga dia menamai tempat ini dengan nama Candi Gedong Pitu, yang mempunyai arti Candi dengan tujuh bangunan.

Penyebut Candi Gedong Pitu bertahan selama seribu tahun lebih, sampai pada tahun 1908-1911 seorang arkeolog yang berasal dari Belanda Van Stein Callenfels melakukan penelitian di kawasan ini. Hanya dalam kurun waktu tiga tahun Van Stein Callenfels berhasil menemukan dua Candi lagi yang bertempat tidak jauh dari Candi-candi yang telah ditemukan oleh Sir Thomas Stamford Raffles, sehingga total semua Candi di kawasan ini menjadi sembilan. Dengan ditemukannya dua Candi ini membuat nama kawasan ini diubah menjadi Candi Gedong Songo.

Karena kondisi Candi yang buruk maka pada tahun 1928-1929 dilakukan pemugaran pada Candi Gedong I dan Candi Gedong II, Hingga akhirnya pada tahun 1972-1982 pemerintah Indonesia melakukan pemugaran total pada semua bangunan Candi Gedong Songo. Bahkan pemugaran kawasan wisata ini dilakukan hingga saat ini, sehingga kawasan Candi Songo semakin terlihat indah dan rapi. Pemugaran dilakukan tanpa merubah struktur bangunan-bangunan Candi yang ada.

Perjalanan Menuju Candi Gedong Songo

Rute Candi Gedong Songo
Perjalanan Menuju Candi Gedong Songo Sumber Gambar : sofyalaeli.wordpress.com

Bila Anda ingin berwisata ke Candi Gedong Songo, kamu bisa menempuh rute dari Kota Ambarawa. Dari kota ini menuju tempat Wisata Candi Gedong Songo dibutuhkan waktu sekitar 40 menit, dengan menyusuri jalan yang berkelog tajam serta tanjakan dan turuna. Tempat wisata ini juga bisa ditempuh dari obyek wisata New Bandungan Indah yang memerlukan waktu sekitar 10 menit, waktu tempuh itu bila tidak terjadi kemacetan. Berikut daftar jarak tempuh menuju kawasan wisata Candi Gedong Songo.

Candi Gedong Songo – Kota Semarang : 45 KM
Candi Gedong Songo – Kota Ungaran : 25 KM
Candi Gedong Songo – Kota Ambarawa : 15 KM

Harga Tiket Masuk Candi Gedong Songo Kabupaten Semarang

Harga Tiket Masuk Candi Gedong Songo
Tiket Masuk Candi Gedong Songo Sumber Gambar : semarangplus.com

Untuk menikmati keindahan Alam yang ada di Candi Gedong Songo Anda cukup membayar tiket sebesar Rp6.000,-. Sedangkan untuk para wisatawan asing dikenakan tarif Rp50.000,- Harga tiket ini merupakan harga pada hari biasa sedangkan pada hari-hari libur biasanya ada kenaikan harga tiket. Selain bisa mengelilingi area wisata Candi Gedong Songo dengan berjalan kaki, Anda juga bisa menggunakan jasa penyewa kuda yang ada di kawasan wisata tersebut. Berikut ini adalah daftar harga paket wisata kuda di Candi Gedong Songo.

Paket Wisata Kuda Candi Gedong Songo
Paket Wisata Berkuda di Candi Gedong Songo Sumber Gambar : semarangplus.com

Wisata Desa Rp 25.000 (Wisman Rp 35.000)
Ke Air Panas Rp 60.000 (Wisman Rp 70.000)
Ke Candi II Rp 40.000 (Wisman Rp 50.000)
Paket candi Songo Rp 70.000 (Wisman Rp 90.000)

Bila Anda kebetulan sedang berada di Kota Semarang bisa menyempatkan diri untuk mencoba berbagai wisata yang tersedia di kota ini seperti Semarang Art Gallery dengan keindahan karya seni atau wisata Candi Gedong Songo dengan keindahan alam serta kondisi pegunungan yang menyejukan.

Leave a Comment