Keindahan Brown Canyon Semarang

Brown Canyon Semarang Tempat Favorit Para Fotografer

Brown Canyon Semarang adalah salah satu tempat wisata yang digunakan sebagai proyek galian C yang sudah berumur puluhan tahun. Di tempat inilah sebagian orang mengais rejeki dari proyek penggalian tanah serta penambangan pasir serta batu padas. Brown Canyon ini sebenarnya bukanlah sebuah tempat wisata, melainkan sebuah perbukitan biasa. Karena adanya aktivitas penambangan material yang dilakukan dalam waktu bertahun-tahun sehingga perbukitan itu berubah menjadi seperti Green Canyon yang ada di Amerika.

Green Canyon Wisata Alam Perbukitan

Wisata Brown Canyon
pelancong-jawa.blogspot.com

Kindahan panorama alam yang eksotik serta suasana pegunungan membuat Brown Canyon menjadi obyek wisata yang sangat diminati oleh masyarakat. Selain itu tempat ini menjadi tempat terbaik bagi pecinta fotografi untuk mengambil berbagai gambar yang menarik. Tebing-tebing terjal bekas penambangan dipadukan dengan berbagai pohon yang tumbuh di puncak membuat Brown Canyon begitu mempesona dengan keindahan alamnya. Jika Anda berkunjung ke Kota Semarang, akan sangat disayangkan bila Anda tidak mengunjungi obyek wisata ini.

Pertama kali datang ke sini Anda pasti akan mengira bahwa para penambang ini memiliki cita rasa seni yang tinggi, sehingga ketika menambang selalu menyisakan sebuah tebing menjulang tinggi. Selain itu setiap tebing ada sebuah pohon kecil yang masih tumbuh di puncaknya. Tapi setelah bertanya dengan para pekerja tambang ternyata tebing tersebut sengaja disisakan karena memiliki tekstur tanah yang sangat keras sehingga peralatan mereka tidak bisa digunakan untuk mengeruknya. Sehingga para penambang ahirnya menyisakan tanah tersebut. Dan saat ini tebing-tebing tersebut menjadi sebuah obyek foto favorit bagi para Fotografer.

Brown Crayon Semarang
bukanrastaman.com

Salah satu kelemahan dari wisata Brown Canyon adalah tempat ini bukalah tempat wisata, oleh karena itu untuk mengunjungi tempat ini, kamu harus mencari petunjuk jalan sendiri. Karena warga disekitar lokasi hanya mengetahui lokasi ini sebagai tempat penambangan material bukan sebagai tempat wisata. Brown Canyon sendiri terletak di daerah Rowosari, Meteseh, Tembalang Semarang. Lokasi yang sangat jauh dari pusat kota di Semarang, sehingga untuk berkunjung ke Brown Canyon akan mendapatkan tantangan sendiri. Debu-debu yang beterbangan di sepanjang jalan, serta akan bersimpangan dengan truk-truk pengangkut pasir.

Rute Perjalanan Menuju Brown Canyon Semarang

Untuk mempermudah Anda yang mau mengunjungi lokasi wisata Brown Canyon, kami akan memberikan rute menuju tempat ini. Brown Canyon Semarang bisa dijangkau dari berbagai arah. Anda bisa menempuh jalur yang melewati pasar Meteseh via Tembalang, Kedungmundu atau RSUD Klipang.

Rute Menuju Brown Canyon
sepenggalkisahdunia.blogspot.com

Untuk kamu yang ingin melalui jalur Semarang Timur bisa melalui jalan Fatmawati menuju RSUD Kota Semarang (Ketileng). Kemudian ambil arah kiri (arah menuju perum Klipang) dan menuju lokasi Klipang Golf. Bila Anda telah sampai di Klipang Golf, jalan terus sampai melewati jembatan besi. Bila telah melewati jembatan besi ke tiga (jembatan besi dengan sungai yang besar) akan ada sebuah pertigaan ambil arah selatan atau belok kanan. Lurus saja terus kurang lebih sekitar 2 km Anda akan bisa melihat keindahan Brown Canyon Semarang.

Untuk rute kedua menuju Brown Canyon Anda bisa datang dari arah Batang, Kendal dan Simpang Lima Semarang. Anda bisa menuju arah pertigaan pasar kambing, kemudian melewati Mrican, Kedung Mundu Sambiroto. Kaetika sudah sampai pertigaan Intan Permai ambil arah kiri (Jalan Elang). Kemudian setelah sampai Pasar Meteseh belok kiri.

Rute Brown Canyon dari arah Solo, Yogjakarta, serta Semarang atas bisa melewati Banyumanik, tembalang, UNDIP setelah itu menuruni Sigar Bencah sampai perempatan pasar Meteseh langsung ambil jalan lurus terus.

Untuk menuju Brown Canyon kamu perlu melakukan beberapa persiapan. Karena tempat ini merupakan sebuah penambangan material yang masih aktif, maka datanglah pada watu di luar jam kerja. Jika terpaksa datang pada waktu jam kerja, jangan lupa untuk mempersiapkan masker atau buff sebagai penutup mulut. Jalan menuju lokasi yang cukup jelek dan berdebu kami sarankan untuk menggunakan jenis kendaraan yang fleksibel seperti motor atau mobil dengan double gardan. Tidak disarankan menggunakan mobil mewah apalagi mobil ceper.