7 Tempat Wisata di Semarang yang Harus Kamu Kunjungi

Sebagai salah satu kota terbesar di Indonesia, Semarang memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Semarang merupakan kota yang istimewa, Di kota ini masih banyak bangunan-bangunan bersejarah yang berdiri kokoh sampai sekarang. Salah satu contohnya adalah bangunan yang ada di Jalan Suprapto. Di jalan ini Anda bisa menemukan rumah dan gedung bersejarah, itu bisa dilihat dari bentuk bangunan serta arsitekturnya.

Selain bangunan bersejarah Semarang juga mempunyai berbagai tempat wisata yang menarik untuk di kunjungi. Berikut adalah berbagai tempat wisata di semarang yang bisa Anda jadikan tempat berlibur bersama keluarga.

1. Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Agung Jawa Tengah
Masjid Agung Jawa Tengah Sumber Gambar : cakrawalatour.com

Masjid Agung Jawa Tengah berada di Jalan Gajah Raya Semarang, Jawa Tengah. Majid ini dibangun pada 6 September 2002 yang ditandai dengan dipasangnya tiap pancang perdana oleh Menteri Agama RI, Prof. Dr. H. Said Agil Husen al-Munawar dan KH. MA Sahal Mahfudz serta Gubernur Jawa Tengah, H. Mardiyanto. Masjid Agung Jawa Tengah selesai dibangun pada tahun 2006. Masjid ini diresmikan oleh Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 14 November 2006.

Museum Islam di Masjid Agung Jateng
Museum Islam di Masjid Agung Jateng

Meskipun baru diresmikan oleh Presiden pada tanggal 14 Nopember 2006, tetapi masjid ini sudah difungsikan sebagai tempat ibadah jauh sebelum tanggal tersebut. Masjid Agung Jawa Tengah ini pertama kali digunakan sebagai tempat ibadah pada tanggal 19 Maret 2004. Salah satu yang menarik dari masjid ini adalah adanya museum perkembangan Islam di Jawa Tengah. Museum ini berada di Tower Asmaul Husna yang terdapat di lantai 2 dan 3. Selain itu terdapat juga Hotel Graha Agung di sisi utara masjid serta memiliki resto dengan pemandangan Kota Semarang yang berada di Tower Asmaul Husna Lantai 18.

Masji Agung Jawa Tengah ini tidak hanya difungsikan sebagai tempat ibadah saja tetapi juga kegiatan wisata. Masjid ini memiliki luas lahan lebih dari 7.500 meter persegi serta bisa menampung 16.000 jama’ah. Selain banguna utama yang berupa masjid, di kawasan Masjid Agung Jawa Tengah juga memiliki beragam fasilitas seperti perpustakaan, auditorium, museum budaya Islam, ruangan akad nikah, tempat bermain anak-anak, kafe, toko cinderamata, dan masih banyak lagi yang lainnya. Bagaimana tertarik untuk berkunjung ke sini?

2. Pantai Maron

Pantai Maron Semarang
Pantai Maron Semarang

Pantai Maron merupakan sebuah obyek wisata yang terletak di sebelah barat Semarang, tepatnya berada di muara Sungai Silandak. Tempat ini bisa ditempuh melalui dua rute yaitu dari Bandara Ahmad Yani atau bisa juga melewati Perumahan Graha Padma, Krapyak. Lokasi ini berjarak sekitar 3 km dari jalan raya. Jika Anda menggunakan kendaraan bisa menempuhnya dalam waktu 30 menit.

Sunset di Pantai Maron
Sunset di Pantai Maron

Nama Maron pada Pantai Maron dimbil dari nama warna khas baret Penerbangan TNI Angkatan Darat. Penamaan ini dilakukan karena kawasan Pantai Maron sendiri merupakan milik TNI. Tetapi ada juga yang mengartikan Maron berasal dari singkatan Marina Kulon. Biasanya pada Sabtu sore, hari Minggu, atau hari-hari libur, Pantai Maron dibanjiri oleh para pelancong dari dalam maupun luar kota. Bahkan bisa dikatakan pengunjung Pantai Maron tidak kalah dengan pengunjung yang ada di Parangtritis, Yogyakarta ataupun Pantai Kuta di Bali.

Pantai Maron menawarkan Pemandangan yang sangat menakjubkan. Keindahan pantai yang eksotis sehingga selalu ramai dikunjungi para wisatawan sekitar Semarang pada saat akhir pekan. Untuk Anda yang ingi berkunjung ke Pantai Maron harap berhati-hati saat musim hujan, karena jalan menuju pantai ini terbuat dari tanah yang dipadatkan sehingga jalan menjadi licin. Untuk menikmati keindahan Pantai Maron Anda akan dikenakan biaya tiket 5000-10000 Rupiah.

3. Lawang Sewu Bangunan Bersejarah di Kota Semarang

Lawang Sewu Semarang
Gedung Lawang Sewu Sumber Gambar : www.flickr.com

Lawang Sewu merupakan nama sebuah bangunan yang berada di Kota Semarang. Bangunan ini dibangun pada tahun 1904 oleh pemerintahan Belanda pada saat zaman penjajahan. Saat itu Lawang Sewu berfungsi sebagai kantor kereta api oleh Belanda. Nama Lawang mempunyai arti pintu seribu dikarenakan dari bentuk bangunan ini yang memiliki banyak pintu dan jendela besar. Salah satu yang menarik dari Lawang Sewu adalah bangunan dengan arsitektur megah khas zaman dahulu. Selain itu Lawag Sewu juga mempunyai lantai bawah tanah yang dulu difungsikan sebagai penjara. Untuk masuk ke dalam bangunan ini, Anda akan dikenakan biaya 10.000 Rupiah. Bagaimana tertarik untuk berkunjung?

4. Taman Lele Semarang, Wisata Favorit Bagi Keluarga

Kampoeng Wisata Taman Lele Semarang
Kampoeng Wisata Taman Lele Semarang

Taman Lele merupakan salah satu tempat favorit untuk menghabiskan liburan akhir pekan bersama keluarga. Di taman ini Anda bisa mengajak keluarga melihat kebun binatang serta taman bermain yang dilengkapi dengan danau buatan. Kampung wisata Lele di Semarang merupakan sebuah obyek wisata alam dengan luas lebih dari 2 hektar yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas.

Obyek wisata ini menawarkan panorama alam yang asri serta danau buatan yang bisa dijadikan tempat bermain sepeda air. Danau tersebut dikelilingi oleh pohon yang rindang serta kebun binatang mini dengan berbagai satwa seperti ular phyton, buaya, iguana, kelinci serta burung Cendrawasih. Kampung wisata Taman Lele Semarang berada di jalur pantura, tepatnya di Jalan Walisongo KM 10 Kecamatan Ngaliyan Semarang.

5. Pantai Marina Semarang

Pantai Marina Semarang
Pantai Marina Semarang

Pantai Marina merupakan salah satu pantai yang menawarkan pemandangan eksotis khas Kota Semarang. Untuk mencapai tempat wisata ini juga sangat mudah, lokasi ini bisa Anda capai dalam waktu 15-20 dari pusat kota. Tempat wisata ini dibuka setiap hari selama 24 jam, sehingga para pengunjung bisa menikmati keindahan pantai ini setiap harinya. Banyak wisatawan yang memanfaatkan pantai ini untuk olah raga pagi hari, sore hari bisa menikmati pemandangan sunset dan malam harinya Anda bisa menikmati berbagai menu kuliner yang ditawarkan rumah makan di sekitarnya.

Di Pantai Morina pengunjung bisa menikmati keindahan laut denga menyewa perahu, atau bisa juga sekedar untuk memancing. Adanya berbagai pohon rindang di pinggiran pantai membuat udara di pantai ini terasa sejuk selain itu suara deburan ombak makin membuat suasana pantai ini nyaman untuk dijadikan tempat bersantai.

6. Air Terjun Kali Pancur

Air Terjun Kali Pancur Semarang
Air Terjun Kali Pancur Semarang

Air Terjun Kali Pncur merupakan salah satu obyek wisata yang paling terkenal di Semarang untu kategori wisata alam. Air terjun yang berada di Desa Nogosaren, Semarang ini memiliki ketinggian air sekitar 150 meter. Lokasi air terjun ini sangat lah indah disekitar air terjun terdapat beberapa sarang goa walet serta banyak pepohonan hijau yangtumbuh subur di sekitar lokasi. Untuk mencapai air terjun ini sebaiknya Anda menyiapkan fisik yang kuat, karena Anda harus melewati 900 anak tangga, perjalanan yang cukup melelahkan untuk menikmati keindahan air terjun ini.

Wisata Alam Air TerjUN Kali Pancur
Wisata Alam Air TerjUN Kali Pancur

Air terjun Kali Pncur mempunyai ketinggian 100 meter dan berada pada Gunung Telomoyo yang mengarah ke danau Rawa Pening. Di sepanjang melalui anak tangga, Anda akan mendengar suara gemericik air pegunungan yang mengalir di samping anak tangga. Serta disekelilingnya Anda akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang sangat menakjubkan.

7. Curug Lawe dan Curug Benowo, Air Terjun Tersembunyi di Lereng Gunung Ungaran

Curug Lawe
Curug Lawe

Kota Ungaran merupakan merupakan bagian dari wilayah Kabupaten Semarang. Di kota inilah terdapat sebuah destinasi wisata alam yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Curg Lawe dan Curug Benowo merupakan salah satu wisata alam yang banyak diminati oleh para wisatawan. Curug ini berada di tengah perkebunan cengkeh di lereng pegunungan dan hutan yang masih terjaga keasliannya.

Perlu sedikit perjuangan untuk sampai ke tempat ini. Dari pos pintu masuk, penjungung Anda akan diajak untuk berjalan melewati trek-trek pegunungan yang naik turun. Tetapi dalam perjalanan yang cukup melelahkan, disepanjang perjalanan Anda akan disuguhkan pemandangan yang menakjubkan.

Air Terjun utama yang cukup tinggi dan terdapat air terjun kecil di sekitarnya nampak segar dimata. Curug Lawe berada di tebing bebatuan yang melingkar dan semua dinding batu dilintasi oleh air terjun nampak seperti dekorasi alam yang eksotik. Disekitar sunagi dibawahnya berserakan kayu dari pepohonan yang mati terbawa oleh air terjun. Jadi walaupun baru bersenang-senang dibawah air terjun, harus tetap waspada.

Lokasi Curug Benowo dan Curug Lawe berlokasi di kawasan Gunung Ungaran yang secara administratif terletak di Gunung Pati, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, Propinsi Jawa Tengah.

Leave a Comment